Panduan Mengelola Tempat Penyimpanan Sendiri

Baik di kantor ataupun di rumah, kita memerlukan tempat untuk menyimpan barang-barang kita termasuk berkas, barang berharga, atau bahkan barang yang jarang dipakai. Tempat penyimpanan ini selain berfungsi untuk menciptakan keluasan ruangan, juga dapat mempermudah ketika kita membutuhkan barang-barang yang sudah masuk ke dalam lemari atau brangkas penyimpanan. Namun, tidak semua barang harus disimpan. Untuk barang-barang yang sangat jarang dipakai atau bahkan sudah tidak dipakai lagi, ada baiknya kita jual atau berikan ke kerabat atau masuk barang loak.

Untuk mengelola tempat penyimpanan sendiri, baik di rumah atau di kantor, berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan:

Pertama, kita harus mengetahui karakter dari barang yang kita simpan. Contohnya, jika barang yang kita simpan sangat sensitif terhadap cuaca dingin, penggunaan brangkas besi dan diletakkan tidak menempel dengan tembok. Barang-barang yang sensitif terhadap keadaan cuaca meliputi dokumen berbentuk kertas, peralatan elektronik, komputer, kendaraan, dan media penyimpanan data.

Kedua, perhatikan seberapa sering kita menggunakan barang yang akan kita simpan. Jika memang sudah sangat jarang dipakai, ada baiknya barang tersebut diletakkan di bagian paling dalam brangkas. Sebaliknya, jika barang masih akan digunakan, pastikan menyimpannya di tempat / laci penyimpanan yang mudah terjangkau.

Ketiga, ukuran barang. Besar-kecil ukuran barang akan menentukan dimana sebaiknya barang tersebut disimpan atau ditata. Selain itu, ukuran barang juga terkait dengan besar kecilnya lemari penyimpanan yang kita butuhkan. Pengelompokkan barang berdasarkan ukuran juga dapat dilakukan.

Keempat, pelabelan. Pelabelan atau penandaan barang-barang yang disimpan akan memudahkan kita atau orang lain jika suatu saat memerlukan barang tersebut. Daftar barang yang disimpan di dalam satu lemari atau laci bisa ditempelkan di bagian luarnya. Untuk daftar barang tersebut, pastikan untuk menggunakan bahan yang kuat dan tahan lama, seperti stiker atau kertas dengan ditutup isolatip transparan.

Kelima, asuransi. Untuk memastikan keamanan barang berharga, kita bisa menggunakan asuransi. Asuransi ini diperlukan ketika terjadi hal-hal di luar dugaan yang dapat membuat barang simpanan kita rusak atau hilang, khususnya untuk dokumen berharga.

Keenam, pemindahan barang yang disimpan. Setelah kita menyimpan barang-barang kita baik menurut ukuran, ketahanan terhadap cuaca, dan penempatan, kita dapat melakukan pindahan jika nantinya rumah atau kantor kita akan pindah. Untuk melakukan pemindahan barang ini, pastikan barang-barang yang memiliki daya tahan kuat berada di bagian bawah, dan yang ringan berada di atas.

Demikian enam hal yang dapat kita pertimbangkan ketika melakukan penyimpanan barang dan/atau dokumen kita baik di kantor atau di rumah.

Jika suatu saat, kantor Anda akan pindahan, pilihan bisa saja menggunakan jasa pindahan kantor dari DMOVERSINDONESIA yang telah berpengalaman lebih dari 9 tahun melayani banyak perusahaan yang pindah baik pindahan antar lantai, pindahan dalam kota, pindahan luar kota / antar provinsi, bahkan pindahan ke luar negeri.

Hubungi DMOVERSINDONESIA di 081398804231 untuk mendapatkan harga spesial pindahan kantor dan jasa penyimpanan barang Anda.